The Reds – Manajer The Reds Juergen Klopp tak pernah kehilangan keyakinan bahwa timnya akan bangkit setelah serangkaian hasil tak memuaskan. Laga melawan Tottenham Hotspur menjadi bukti.

Setelah mengakhiri tahun 2016 dengan cukup impresif, unggul atas Manchester City dan duduk di posisi kedua klasemen, The Reds menjalani awal tahun 2017 dengan begitu buruk.

Mereka hanya sekali unggul dari 10 pertandingan di seluruh kompetisi, termasuk tersingkir dari Piala FA dan Piala Liga Inggris di bulan Januari.

Sudah begitu mereka pun terlempar dari posisi the big four di klasemen Liga Inggris sebelum akhirnya bisa bangkit dengan mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 pekan lalu.

The Reds pun bisa menjaga lagi jarak dengan posisi the big four dan mungkin juga menghidupkan lagi peluang juara yang sempat menghilang.

Namun, apapun itu, Klopp sudah senang The Reds bisa unggul lagi karena itu membuktikan kekuatan mental para pemainnya untuk bangkit setelah serangkaian hasil buruk.

“Mereka semua manusia biasa dan tentu saja mereka terpengaruh oleh hal-hal yang mereka temui setiap harinya,” ujar Klopp kepada The Reds Echo.

“Apakah saya mendapat hal baru soal mereka dalam beberapa pekan terakhir? Ya. Apakan banyak yang saya pelajari? Tidak. Tapi seperti itulah,” sambungnya.

“Saya tidak pernah ragu sedikit pun dengan karakter para pemain ini tapi tentu saja kami harus bisa membangun mental. Kami beberapa kali tidak mampu tampil bagus, tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik, meski hal itu jarang terjadi di Premier League, jika tidak maka kami mungkin tidak akan berada di sini saat ini.”

“Terasa makin buruk karena kompetisi piala itu berbeda. Kami harusnya sudah out dari Piala Liga Inggris musim lalu, dan maka dari itu dua kekalahan lebih sedikit tahun ini ketika kami kami harus membangkitkan pemain lagi dari kondisi cedera, pemulihan, untuk latihan.”

“Itu tidak membantu tapi kami tidak bisa melihat apa yang kami inginkan dan berkata: ‘Apa yang kami mau?’ Kami harus bisa mengatasi segala masalah yang ada. Sebelum laga kontra Tottenham, kami – bisa dikatakan para pemain – membuat suasana seperti ini: ‘Mau dibawa ke mana tim ini?’

“Man United unggul, semua orang bilang itu, jadi tentu saja kami butuh unggul untuk menunjukkan apa yang kami ingin lakukan hingga akhir musim.”

“Itu penting dan benar-benar jadi sinyalemen yang bagus. Anda harus melihat segalanya dan bertarung tapi kadang ada saja penghalang. Tapi para pemain berada dalam saat yang bagus dan mereka memanfaatkan itu,” tutupnya.

(mrp/krs)


NO COMMENTS